www.Dr-RonnySucahyo.com

Review Buku “Tipping Point”

Tebal Buku: 320 hal.  Durasi membaca : 6 jam.

Malcom Gladwell adalah seorang penulis genius di mata saya. Caranya menyampaikan cerita, caranya membuat pembaca terlibat ke dalam ide nya dan tekniknya dalam menyampaikan gagasannya, menjadi inspirasi saya.

Tipping Point secara sederhana adalah tentang sebuah harapan bahwa hal-hal besar bisa terjadi dengan langkah kecil yang tepat.

Hal-hal besar yang  terjadi ini diistilahkan sebagai “epidemi” oleh Gladwell. Seperti virus yang menyebar dengan cepat, Gladwell mengajukan tesisnya bahwa epidemi terjadi karena 3 kaidah yaitu “hukum tentang yang sedikit” (law of the few), “faktor kelekatan” (stickiness factor)  dan “kekuatan konteks” (power of context).

Buku ini bisa menjadi sahabat yang menyenangkan untuk kita berdiskusi tentang epidemi dan bagaimana hal-hal kecil yang biasanya tidak diperhatikan, bisa membawa perubahan besar.

Praxi nya, bagaimana sebuah produk sepatu “Hush Puppies” yang hampir bangkrut dengan hanya menjual 30.000 sepatu per tahun, bisa tiba-tiba menjual 430.000 sepatu per tahun dan  bertambah empat kali lebih banyak di tahun berikutnya.

Di era sosmed, buku ini bisa membantu kita membuat perbandingan, apakah Ide-ide Gladwell bisa diaplikasikan untuk menjawab bagaimana sebuah foto atau produk menjadi viral.  Lebih jauh, bagaimana seseorang bisa mendadak kaya raya?

Buku ini cocok untuk berbagai kalangan.  Banyak data angka di dalamnya, jadi Anda yang tidak menyukai detil angka yang rumit, bersiaplah untuk sedikit puyeng. hehe

Overal Score 8.5/10

Dr.Ronny Sucahyo

Leave a Reply