www.Dr-RonnySucahyo.com

Anak Muda Yang Kuat

Berbicara tentang Anak muda, salah satu ciri khas anak muda adalah “kuat”.  Anak muda pada umumnya sangat idealis, optimis dan merasa mampu melakukan banyak hal.

Kuat menurut dunia setidaknya ada 3 macam:

1. Bisa Mengangkat Beban Berkali Lipat Berat Tubuhnya.

Juara di kategori ini adalah Dung Beetle (Kumbang Kotoran) yang bisa mengangkat 1141x lipat berat tubuhnya. Semut pemotong daun bisa mengangkat 50x lipat berat tubuhnya, seperti jika Anda mampu mengangkat traktor dengan gigi Anda.

 

2.    Bisa Makan Apapun.

Bisa makan apapun berarti Anda mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.  Bisa makan apapun yang ada di daerah tersebut membuat tubuh Anda tetap terjaga asupan gizi nya.

 

3.  Bisa Tidur Dimanapun.

Bisa tidur dimanapun juga menunjukkan Anda mudah beradaptasi.  Jika Anda bisa tidur cukup, maka tubuh Anda akan pulih kesehatannya dengan cepat.

 

Alkitab mencatat ada beberapa Anak Muda Yang Kuat:

1.  Daud.  Seorang anak muda yang hatinya dekat dengan Allah, bahkan disebut Allah sendiri sebagai seorang pria yang hatinya paling mirip dengan hati Allah.

2. Anak Muda yang menyerahkan makan siangnya.  Anak muda ini melihat kebutuhan yang lebih besar dari kebutuhan makan siangnya, dan dia rela berkorban.

3. Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego.  Keempat pemuda ini diberikan kemampuan memahami literatur (tulisan). Daniel mampu memahami segala jenis penglihatan dan mimpi.  Keempatnya karena pemahaman yang mendalam pada kebenaran Allah, harus mengalami ujian yang mempertaruhkan nyawa.

4. Remaja wanita tawanan perang Panglima Naaman (yang sakit kusta).  Berada di posisi yang sulit sebagai tawanan perang, menjadi budak istri dari Naaman, remaja wanita ini tetap berkata jujur dan perkataannya dapat dipercaya.

5. Yusuf.  Seorang pemuda yang tidak melanggar batas otoritas yang diberikan Potifar. Keputusan yang diambilnya mengajarkan dua buah prinsip penting di dalam hidup. Pertama, bahwa untuk dosa seks, Anda harus lari menjauh dari sumber dosa.  Kedua, walaupun Anda sudah mengambil keputusan yang benar, tidak serta merta berkat yang sudah dijanjikan Tuhan akan langsung turun. Yusuf justru dimasukkan penjara untuk tindakan benar yang dilakukannya.  Tetapi pada akhirnya kita melihat Yusuf diberkati Tuhan luar biasa.

 

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda termasuk Anak Muda/Orang Tua Berjiwa Muda yang kuat?

Dr. Ronny Sucahyo

 

 

 

Leave a Reply