www.Dr-RonnySucahyo.com

Metamorfosis Anak Allah

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa  dengan dunia ini, tetapi berubahlah (μεταμορφοῦσθε= Metamorphousthe)  oleh pembaharuan budimu,  sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak  Allah: apa yang baik, yang berkenan  kepada Allah dan yang sempurna.

 

Jika kita mendengar kata “metamorfosis”, sebagian besar dari kita akan terkoneksi dengan “kupu-kupu”. Padahal tidak hanya kupu-kupu yang bermetamorfosis. Ayat Roma 12:2 secara khusus tidak berbicara tentang kupu-kupu karena di sepanjang Alkitab, Anda juga tidak akan menemukan pembahasan mengenai kupu-kupu.

Artinya, Roma 12:2 memang berbicara metamorfosis, perubahan yang nyata, perubahan yang menyeluruh.

Di dunia hewan, ada dua kategori metamorfosis:  “sempurna” dan “tidak sempurna”.

Metamorfosis tidak sempurna terdiri dari tahapan: Telur, Nimfa, lalu menjadi binatang dewasa (imago). Contohnya walang, kepik, whitefly, rayap, kutu daun, rayap, jangkrik, capung, kecoak, belalang dan masih banyak yang lain.

Metamorfosis sempurna pada kupu-kupu terdiri dari tahap: Telur, Larva, Kepompong lalu Kupu-kupu dewasa (imago).   Metamorfosis sempurna tidak hanya terjadi pada kupu-kupu, melainkan juga pada nyamuk, lalat,  dan banyak binatang lain. Tahapannya berbeda-beda untuk tiap jenis binatang, tetapi ciri khas metamorfosis sempurna adalah terjadi perubahan total sampai ke skala sel nya. Seluruh bagian tubuhnya berubah, karena itu disebut “sempurna”.

Kita sebagai manusia tentu bukan hewan yang mengalami “3 tahap Metamorfosis Tidak Sempurna” atau “4 Tahap Metamorfosis Sempurna.”  Tahapan-tahapan yang dialami manusia, berbeda satu sama lain.  Tahapan metamorfosis Anda, berbeda dengan saya.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, ‘metamorfosis’ seperti apa yang Tuhan inginkan terjadi di dalam kita sebagai Anak-anak Allah?

1. Firman Allah meminta kita menjadi sempurna.  Ya, Kita diminta untuk bermetamorfosis sempurna secara kualitas kerohanian, bukan perubahan fisik manusia kita.

Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.

2.  Ketekunan membawa kita kepada kesempurnaan.  Tidak ada pemalas yang mengalami metamorfosis.

Yakobus 1:4 Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

3.  Kesempurnaan sejati bukan karena kemampuan manusia tetapi karena pengorbanan Yesus.

Ibrani 10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.

4.  Jika Roh Allah yang berkuasa atas manusia, maka manusia akan berubah menjadi manusia lain.  Jika seorang manusia masih dikuasai pikirannya sendiri, dia tidak akan pernah mengalami metamorfosis sempurna.

1 Samuel 10:6 Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain.

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa  dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan (ἀνακαινώσει=anakainosei) budimu,  sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak  Allah: apa yang baik, yang berkenan  kepada Allah dan yang sempurna.

Anakainosei = Pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus (Titus 3:5)

 

Pertanyaan untuk setiap orang Kristen adalah, apakah setelah bertahun-tahun menjadi “anak Tuhan”, Anda sudah berubah menjadi manusia lain?

Perubahan apa yang seharusnya kita alami?  Perubahan dari manusia pikiran menjadi manusia Roh!  Bagaimana perubahan dari manusia pikiran menjadi manusia Roh, akan saya bahas di artikel yang lain.

Kiranya Allah Roh Kudus yang menerjemahkan bagian yang sulit dari artikel ini untuk bisa Anda pahami. Tuhan Yesus memberkati.

 

Dr. Ronny Sucahyo.

 

 

Leave a Reply