www.Dr-RonnySucahyo.com

Laut Mati (Dead Sea), Israel

Berkunjung ke Laut Mati kami harus memakai kaos dan celana yang siap dibuang setelah mandi lumpur. Tips yang baik karena akan sangat sulit dan merepotkan membawa baju dan celana yang sangat kotor. Jadi selesai berendam di air yang luar biasa asin itu (kadar garamnya 7x lebih tinggi dari laut lainnya), kami ke kamar mandi untuk berbilas dan sudah disediakan tempat sampah yang isinya baju dan celana kotor semua.

Mengingat perjalanan dari laut mati kembali ke kamar mandi (kamar ganti baju) cukup jauh, maka sebaiknya Anda bersiap juga handuk tebal dan lebar (atau jaket) supaya bisa menahan dingin karena anginnya kencang.

Lumpur Laut Mati sangat kaya mineral, baik untuk kulit, sehingga disebut Spa alami terbesar di dunia. Saya dan keluarga sudah mencoba dan hasilnya memang di kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Syaratnya setelah bilas jangan pakai sabun dulu untuk wajah. Pertahankan sampai kembali ke hotel mandi malamnya atau lebih baik lagi besoknya saja baru di cuci dengan sabun muka. Karena saya jarang pakai sabun untuk wajah saya yang sensitive (saya hanya bilas wajah dengan air tanpa sabun apapun), maka efeknya malah berhari-hari terasa lembut di wajah.

Masuk ke Laut Mati sungguh sulit karena lumpurnya sangat tebal bercampur batu karang yang tidak terlihat mata.  Jadi hati-hati ketika masuk, Anda bisa terperosok ke dalam lumpur dan tergores batu karang. Lecet adalah hal biasa di sini. Pastikan juga airnya tidak terkena mata karena akan cukup perih.

Jika ada orang tua atau yang sangat gemuk ingin masuk, pastikan ada yang membantu menahan tubuhnya. Karena kalau kecebur kepalanya bisa repot tuh. Gak akan tenggelam sih, karena kadar garam yang sangat tinggi ini, tapi kalau mata yang kena air terlebih dulu kan menyiksa. dan bisa iritasi.

Laut Mati sendiri diyakini tidak ada makhluk hidup yang bertahan hidup di dalamnya, karena itu tidak ada ikan dan tumbuhan laut. Walaupun penelitian terbaru menunjukkan ada jenis mikroba tertentu yang bertahan hidup di sana. Air nya juga makin lama makin surut, sehingga diperkirakan bertahun-tahun ke depan Laut Mati akan “mati” kehabisan air. Berikut sedikit koleksi video dan foto di sana.

Karena Laut Mati terletak di bagian bumi paling bawah, maka bar yang ada di sana menjadi bar terendah di dunia.

Kalau Anda berkunjung ke Israel, pastikan Anda berendam di laut mati!

Shallom.

Dr.Ronny Sucahyo

Leave a Reply