www.Dr-RonnySucahyo.com

Menikmati Paduan Suara Myungsung Church, Seoul, Korea Selatan

Kami beberapa kali mendapatkan kesempatan menikmati paduan suara yang indah di Myungsung Church. Akhirnya di kesempatan kali ini, saya merekamnya karena ini punya kenang-kenangan. Paduan suara di sini punya banyak team.  Ada team yang menyanyi dari posisi duduknya di lantai dua, bangku khusus anggota choir, tanpa perlu naik ke panggung. Tetapi ada juga team yang harus naik ke panggung untuk perform.

Untuk team yang perform dari tempat duduknya, mereka memakai seragam jubah anggota choir yang mewah, anggun.  Sedangkan untuk team yang naik ke panggung, seragamnya variatif. Kadang mewah, kadang anggun, kadang hanya kaos casual berwarna warni. Sepertinya disesuaikan dengan tema lagu dan kebutuhan acara.

Saya memperhatikan arrangement yang dibuat pun bervariasi.  Seperti video yang saya rekam berikut, arrangementnya sederhana, tetapi dinyanyikan dengan bagus.  “Team khusus” yang duduk di lantai dua dan bernyanyi dari posisinya lah yang biasanya menggunakan arrangement yang lebih sulit. Ketika saya bertanya pada salah satu anggota, dia menjelaskan bahwa dia adalah seorang  lulusan Doctor Teknik Vokal dari Juliard Music College, US. Wow! sayangnya waktu mepet kami dipanggil leader untuk segera berkumpul sehingga saya tidak sempat menanyakan nama, nomor HP dan lain-lainnya.

Bagaimana penampilan mereka menurut Anda?

Shallom.

Dr. Ronny Sucahyo

Leave a Reply