www.Dr-RonnySucahyo.com

Pembantu Rumah Tangga, Cicak dan Topeng

Suatu hari di sebuah kelas dimana saya mengajar di sebuah universitas, seorang mahasiswa saya bertanya, “Pak, cicak itu buat apa ya diciptakan Tuhan?”

“Buat makan nyamuk..” sahut temannya.

kon stress a? isuk-isuk ngurusi cecek!”  Sahut yang lainnya dalam aksen jowo yang kental.  Artinya, “Kamu stress ya? Pagi-pagi mengurus cicak!”.  Saya spontan tersenyum.

“Mungkin buat jadi agen mata-matanya Tuhan..” jawab saya cuek.  Hampir seisi kelas tertawa.  “maksudnya,Pak?”  tanya mahasiswa itu.

“Ini kok jadi kelas filosofi ya?” tanya mahasiswa yang lain.

“kebayang gak kalau di matanya cicak itu ada kamera wireless yang sinyalnya terhubung dengan para malaikat yang berjaga-jaga di atas sana?” tanya saya masih dengan cuek.  Saya asal njeplak sebenarnya.  Toh ini topik yang jauh melenceng dari tugas saya di kelas ini.

Cicak ada dimana-mana, di ruang kerja Anda, di kamar Anda.  Cicak tahu siapa Anda ketika Anda sendirian di kamar Anda.  Cicak tahu apa yang Anda lakukan ketika Anda sendirian.   Well, saya makin ngaco, I know.

Pembantu Rumah Tangga, adalah orang yang jauh lebih tahu tentang siapa majikannya.  Jika Anda punya seorang pembantu rumah tangga, atau sebutan modernnya, Asisten Rumah Tangga, maka pembantu Anda adalah orang yang paling tahu kebiasaan Anda di rumah.

Apakah Anda jorok, pemarah, cerewet, pendiam, pemaaf, terobsesi kebersihan, pelit, boros dan sebagainya, dia tahu.

Lalu bagaimana dengan TOPENG? Ingat lagu, “Tapi buka dulu topengmu.. biar kulihat warnamu..” adalah Citra yang Anda tampilkan ketika Anda melangkah keluar dari rumah Anda, dan bersosialisasi.

Beberapa orang bertopengkan bedak tebal sampai wajahnya lebih putih dari kulit aslinya.  Orang-orang ini berpikir putih lebih keren dari coklat. Sementara orang lain berpikir orang ini tidak berani menjadi dirinya sendiri atau punya taste fashion yang sangat buruk.

Beberapa orang bertopengkan mobil dan pakaian mahal, sementara di rumah dia membuat pembantunya bingung mau masak apa karena uang belanja sangat minim.

Beberapa orang bertopengkan senyum ramah, suka memuji dan menolong orang lain.  Sementara di rumah dia membentak-bentak pembantunya seperti budak, lalu masuk ke kamar, menghabiskan beberapa botol alkohol dan menelan pil-pil yang membuatnya fly lalu tenggelam dalam dunia fantasinya.  Si cicak melihatnya dan memberitahu si tokek yang lantas berteriak, “Kett…Tekk..” eh salah, “Tekk kekkk…”

SIAPAKAH ANDA KETIKA ANDA SENDIRIAN?

 

Dr. Ronny Sucahyo

artikel ini dimuat juga di http://www.topendology.com/2016/10/13/pembantu-rumah-tangga-cicak-dan-topeng/

Leave a Reply