www.Dr-RonnySucahyo.com

Huruf-huruf Bahasa Yunani

Bahasa Yunani Koine adalah bahasa yang digunakan oleh para penulis Septuaginta Yunani Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru Yunani. Perjanjian Baru Yunani asli ditulis dalam huruf kapital semua, tanpa spasi, tanda baca, aksen atau tanda diakritik.

Kontribusi utama budaya Yunani adalah penambahan vokal (huruf hidup) untuk pengembangan alfabet kita. Vokal dibentuk oleh aliran udara tanpa hambatan melalui saluran napas saat suara vokal diproduksi. Tujuh vokal Yunani adalah α – alpha, ε – epsilon, η – eta, ι – iota, on – omicron, – upsilon, dan ω – omega.

Bahasa Yunani memiliki sejarah panjang dan kaya yang merentang jauh dari abad ketiga belas SM. hingga saat ini. Bentuk bahasa yang paling awal disebut “Linear B” (abad ke-13 SM). Bentuk bahasa Yunani yang digunakan oleh para penulis dari Homer (abad ke-8 SM) hingga Plato (abad ke-4 SM) disebut “Yunani Klasik.”

Bahasa Yunani klasik adalah bentuk bahasa yang luar biasa, mampu mengekspresikan dengan tepat dan nuansa yang halus. Alfabetnya berasal dari bahasa Fenisia. Bahasa Yunani klasik ada dalam banyak dialek, tetapi tiga yang utama adalah: Doric, Aeolic, dan Ionic (yang Attic adalah cabang).

Athena ditaklukkan pada abad keempat SM. oleh Raja Philip dari Makedonia. Filsuf Yunani, Aristoteles, mengajar Alexander the Great, putra Philip. Alexander berangkat untuk menaklukkan dunia dan menyebarkan budaya dan bahasa Yunani. Karena dia berbicara bahasa Yunani Attic, dialek ini menyebar. Itu juga dialek yang diucapkan oleh para penulis Athena yang terkenal. Ini adalah awal Zaman Helenistik.

Ketika bahasa Yunani menyebar ke seluruh dunia dan bertemu dengan bahasa lain, bahasa itu diubah (yang mana berlaku untuk bahasa apa pun). Para dialek juga berinteraksi satu sama lain. Akhirnya adaptasi ini menghasilkan apa yang sekarang kita sebut Koine Yunani. “Koine” (κοινή) berarti “umum” dan menggambarkan bentuk bahasa sehari-hari, yang digunakan oleh orang sehari-hari. Itu bukan bentuk sastra yang dipoles dari bahasa itu, dan pada kenyataannya beberapa penulis zaman ini sengaja meniru gaya bahasa Yunani yang lebih tua (misalnya bahasa Inggris King James Version).

 

Sumber:

1.https://biblescripture.net/Greek.html

2.https://zondervanacademic.com/blog/biblical-greek-alphabet/

Leave a Reply