www.Dr-RonnySucahyo.com

Daily Routine Activities Membongkar Siapa Anda Sebenarnya

“Whats your daily routine activities?” pertanyaan ini dilontarkan seorang netizen kepada lopez, seorang Instagram Celebrity yang tajir melintir, suka bagi-bagi uang dollar di IG-nya.  Lopez menjawab, setiap hari dia melakukan olahraga selama 1-2 jam, lalu pergi bekerja untuk mendapatkan uang sampai sore, lalu di malam hari dia bersosialiasi dengan bertemu teman-temannya untuk sekedar dinner Bersama dan kadang sampai pergi ke club untuk party.  3 rutinitas itu yang bagi Lopez membuat dia kaya raya dan tetap sehat.

Pertanyaan yang sama saya ajukan pada diri saya sendiri dan pada Anda.  Apa rutinitas harianmu?  Disebut rutin berarti selalu dilakukan setiap hari.  Ini seperti mandi, gosok gigi, sarapan, lunch, dinner, dst.  Rutinitas harian saya selain beberapa hal tadi adalah peluk dan cium istri, minum teh manis, membaca buku, menulis bahan buku dan artikel, berdoa pagi dan malam bersama istri, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.  Olahraga? saya hanya bisa melakukannya 2-3x seminggu (Badminton, sudah 7 tahun rutin). Di rumah sebenarnya ada keinginan untuk olahraga seperti push-up, tetapi masih malas sekali melakukannya.

Firman Tuhan mengatakan latihlah dirimu beribadah (1Tim. 4:7-8) dan merenungkan Taurat Tuhan siang dan malam (Mazmur 1:2). Aktifitas rutin harian yang pasti Anda lakukan, memang sangat penting, kalau tidak suatu hari kelak akan bikin pening.   Anda jarang olahraga, suatu hari akan menyesal tidak pernah memaksa diri berolahraga rutin. Anda jarang berdoa dan merenungkan Firman Tuhan, suatu hari akan menyesal tidak cukup kuat ketika menghadapi godaan dan masalah.

Rutinitas harian ini mirip menjahit baju atau membangun rumah. Sedikit demi sedikit akan membentuk karakter dan skill Anda.  Setelah bertahun-tahun rutin membaca  sejak usia 7th saya jatuh cinta pada buku, hari ini, lebih dari 30 tahun kemudian, saya punya kemampuan membaca dan menulis, juga punya kemampuan menyiapkan materi untuk kelas yang saya ajar dan khotbah yang akan saya bawakan.  Kemampuan saya hari ini tidak akan pernah saya miliki jika saya tidak jatuh cinta pada buku dan menjadikan aktifitas membaca dan menulis sebagai daily routine saya.

Dulu saya punya daily routine:  Membaca, Menulis, Latihan Piano, Latihan Catur, Latihan Menyanyi.

Sekarang: Latihan Piano, Catur dan Menyanyi sudah sangat jarang. Artinya, terjadi seleksi alam di dalam diri saya. Piano, Menyanyi dan Catur menjadi “Kadang-kadang saja”. Sesuatu yang kadang-kadang saja bukanlah daily routine, artinya, tidak bisa membentuk Anda menjadi hebat.

Seseorang yang pakar di bidangnya akan dengan mudah mengenali stagnansi atau kemunduruan kemampuan Anda di bidang apapun jika Anda berhenti berlatih 1 minggu saja.

Anda mau hebat, mau bertumbuh? harus punya daily routine activities yang pasti Anda lakukan setiap hari seumur hidup Anda.

Kesimpulan, ada 2 jenis daily routine yang penting untuk Anda wajib lakukan:

  1. Membentuk kerohanian Anda
  2. Membentuk skill dan softskill Anda

Jangan sampai, daily routine Anda ternyata cuma makan, minum, tidur dan e’ek.  Buat apa menjalani hidup seperti ini?

Your daily routine activies, reveals the real you.

Dr. Ronny Sucahyo.

 

Leave a Reply