www.Dr-RonnySucahyo.com

Review Buku “Psikoneuroimunologi Kedokteran”

Editor: Suhartono Taat Putra. Kontributor: Beberapa Dokter dan Doktor. Bahasa: Indonesia. Tebal Buku: 237 halaman. Durasi membaca: 3-4 jam.

Buku ini tersusun oleh hasil berbagai kajian dan penelitian dari Kelompok Studi Psikoneuroimunologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, serta hasil penelitian untuk tesis dan disertasi dari program Pascasarjana Universitas Airlangga.

Psikoneuroimunologi telah menjadi mata kuliah pada program Pendidikan doktor, juga sebagai materi kuliah tamu di program Pendidikan dokter spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa.  Kajian Psikoneuroimunologi terus berkembang, mulai dari keterkaitan antara ketiga system, yaitu syaraf pusat, perifer dan system imun menuju ke hybrid keilmuan serta sampai ke perilaku biologis

Buku ini membantu kita memahami tiga bidang sekaligus dalam satu istilah: Psikologi, neuroscience dan imunologi. Membahas mulai dari paradigma Psikoneuroimunologi menuju ke disiplin hybrid, perkembangan konsep stress, psikobiologi, biologi persepsi, stress dan adaptasi otak, multiple level dan cross talk pada signal transduction, timus dan pertumbuhan sel T, neurotransmitter sebagai komunikator antar sel saraf, perubahan perilaku sebagai respon stressor psikososial, kasus-kasus psikoneuroimunologi mulai dari penyakit paru menahun, infeksi HIV, AIDS, keperawatan, psikoterapi, memori ditinjau dari neuroanatomi, biomolekuler dan neuroendokrin dan neuroimmunomodulasi.

Membaca buku ini seperti membaca kumpulan jurnal kedokteran. Masing-masing topik dibahas dalam 15 halaman plus 2 halaman daftar pustaka. Semua topik memiliki daftar pustakanya sendiri.

Layout buku lumayan, tidak bisa dibilang bagus. Jenis kertas bagus, tetapi hasil cetak, terutama untuk gambar ilustrasi, kurang bagus. Mungkin sumber gambarnya memang kurang bagus sehingga dicetak juga kurang bagus.

Bahasa tiap kontributor juga berbeda, tetapi secara umum semuanya enak dibaca, memenuhi kaidah ilmiah, singkat, padat dan jelas.

Buku ini Recommended buat Dokter dan pemerhati ilmu psikologi, neuroscience dan imunologi.  Untuk awam, layout dan ilustrasinya kurang mengundang minat untuk membaca.

Overal Score: 7.5/10

Dr. Ronny Sucahyo

Leave a Reply