www.Dr-RonnySucahyo.com

Review Buku “The Power of When”

Penulis: Michael Breus, Ph.D.  Tebal buku: 400 hal. Bahasa: Indonesia. Durasi Membaca: 5-6 jam.

Michael Breus secara khusus meneliti cara menyeimbangkan jam biologis dengan rutinitas harian. Breus membagi ritme aktifitas manusia ke dalam empat kategori: singa, beruang, serigala dan lumba-lumba. Dari sini kita akan mengetahui “kapan” waktu yang tepat untuk melakukan segala sesuatu sehingga hasilnya lebih optimal. Alih-alih mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, hanya dengan mengetahui kapan waktu bekerja paling optimal pun, otomatis pekerjaan kita akan selesai dengan lebih cepat dan lebih bagus.

Buku ini tidak hanya membahas urusan pekerjaan, tetapi juga tentang olahraga, mengirim surel, meminta kenaikan gaji, menelpon relasi, bahkan waktu yang paling tepat untuk berbelanja. Singkatnya, buku ini menjanjikan bahwa jika kita bisa menerapkan “kekuatan waktu”, kualitas hidup kita akan meningkat. Benarkan? perlu kita uji.

Buku tentang Chronotype dan Chronorythm berbahasa indonesia ini termasuk langka. Mungkin buku ini yang pertama di Indonesia. Kelangkaannya yang membuat saya langsung mengambilnya dari rak toko buku tanpa memerksa isinya terlebih dahulu.

Ketika saya mulai membacanya, saya terganggu dengan ukuran fonts nya. Terlalu kecil untuk mata saya.  Mungkin terpaksa dilakukan penerbit untuk menghemat tebal buku.  Tapi kekecewaan saya terobati dengan layout nya yang bagus: rapi, ada font yang ditebalkan, variasi jenis fonts dan secara umum,  desainnya  manis dilihat (bahkan daftar isinya pun dibuat menggunakan gambar, sangat kreatif dan langka).

Isinya menarik, rinci, urut dan berusaha menjelaskan perbedaan ke 4 tipe dengan baik. Satu pertanyaan yang muncul di benak saya:

Buku ini menyatakan “berdasarkan rutinitas, temukan kronoritme Anda: Serigala, Lumba-lumba, Singa atau Beruang”. Nah, dengan disiplin rutinitas tertentu dalam jangka waktu tertentu, bisakah kita mengubah tipe kita dari Serigala menjadi Beruang misalnya.  Saya akan menanyakan langsung pada beliau. Hehehe..  Artinya pertanyaan saya ini mengarah pada nature or nurture.

Buku ini saya rekomendasikan untuk pembicara public, pengkhotbah, guru, professional dan semua orang yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya. Bukan buku yang spesifik untuk kalangan tertentu memang.

Score: 9/10.

Dr. Ronny Sucahyo

 

 

 

Leave a Reply