www.Dr-RonnySucahyo.com

Review Buku “Laki-laki Seperti Wafer, Perempuan Seperti Bakmi”

Penulis: Bill & Pam Farrel. Tebal buku: 316 halaman. Bahasa: Indonesia. Durasi Membaca: 4-5 jam.

Buku ini mengajak pembaca mengenali perbedaan pria dan wanita dengan harapan bisa saling bekerjasama secara lebih produktif, bersahabat secara lebih menyenangkan atau bahkan berkencan secara lebih efektif dengan lawan jenis.  Tapi tujuan Utama buku ini adalah agar pembaca mengenal calon pasangan sejak dini.

Buku ini buku Kristen dengan beberapa ayat Alkitab sebagai panduan. Ada 10 bab yang diantaranya membahas penciptaan pria dan wanita, komunikasi, wafer dan bakmi di tempat kerja, persiapan hubungan, membahas khusus pria, membahas khusus wanita, percintaan, kehidupan sosial, anak-anak dan betapa Allah mengasihi “wafer” dan “bakmi”. Buku ini juga dilengkapi dengan Bahan Diskusi untuk Kelompok Kecil dan Tips Berkencan untuk Mengambil Keputusan.

Buku yang saya miliki cetakan ke 6.

Layout:  Bagus untuk judul tiap bab. Kurang spacious untuk keterbacaan. Terlalu penuh sesak.

Font: Agak Terlalu kecil, pemilihan jenis font bagus.

Jenis kertas bagus (HVS) tetapi hasil cetaknya kurang bagus. Ada cukup banyak bagian yang hasil cetaknya tidak rata.

Keberatan Utama saya di desain sampul. Buat saya “enggak banget”.  Apalagi saya membandingkan dengan cover buku aslinya (versi Bahasa inggris), kalah jauh. Mohon maaf untuk desainernya ya. 🙂

Penerjemah buku ini bekerja dengan baik, buku jadi mudah dimengerti.

Bil & Pam Farrel sendiri berusaha menjadikan buku ini mudah dibaca untuk siapapun, utamanya remaja pria dan wanita yang mulai berpikir dengan hubungan yang serius untuk masa depan pernikahan mereka. Banyak nasehat-nasehat prinsip yang diberikannya.  Tetapi buku ini juga baik untuk dibaca para dewasa muda, baik yang belum menikah maupun yang sudah menikah.  Penulis berusaha mengcover pertanyaan-pertanyaan yang ada di hati pria dan wanita seperti pertanyaan tentang ‘rasa aman’ dan ‘kesederhanaan’.

Overal Score: 8/10

Dr. Ronny Sucahyo

 

 

Leave a Reply