www.Dr-RonnySucahyo.com

Apakah Anda Sudah Cukup Tua Untuk Berhenti Bekerja?

Apakah Anda berpikir sudah cukup tua untuk berhenti berkarya dan mulai memikirkan untuk pensiun? Saya pikir jangan dulu.

Benyamin Franklin menemukan kacamata fokus ganda (jauh dan dekat) di usianya yang ke 79 dan menjadi anggota perancang Undang-Undang Dasar Amerika Serikat di usia 81 tahun.

Golda Meir, menjadi Perdana Menteri Israel di usianya yang ke 71.

George Bernard Shaw berumur 94 tahun ketika menghasilkan pementasan salah satu karya drama pertamanya.

Gladys Burril, finish marathon di usia ke 92.

Teiichi Igarashi, mencapai puncak Gunung Fuij di usia ke 100.

Diana Nyad, berenang dari Cuba ke Florida selama 53 jam tanpa henti di usia ke 64.

William Ivy Baldwin, seorang penyeberang Ngarai di atas tali tambang, sukses melakukan aksi terakhirnya di usia 82 tahun.

John Glenn, seorang astronot yang pergi ke luar angkasa di usia 77 tahun.

Colonel Sanders, memulai KFC usia 65, Grandma Moses, salah satu pelukis paling terkenal di Amerika, mulai melukis di usia ke 76.

Peter Rogert yang gemar mengumpulkan daftar kata di masa mudanya, menerbitkan thesaurus di usia ke 73.

Davenhill, meraih Rekor Dunia sebagai orang tertua di dunia yang mencapai kutub utara, di usia ke 89.

Noah Webster, menyelesaikan Kamus Bahasa Inggris Amerika di usia ke 66.

Theodore Mommsen, meraih Nobel Peace Prize di bidang Literatur, di usia ke 85.

 

Arnold Palmer berkata, “hal-hal paling berharga yang Anda kerjakan dalam kehidupan ini seringkali adalah hal-hal yang nampaknya mustahil untuk dilakukan.”

Firman Allah pun tidak membatasi masa berkarya seseorang. Bagi mereka yang tertanam di bait TUHAN, bertunas di pelataran Allah, akan tetap berbuah. Firman ini menjadi hidup ketika saya menjumpai beberapa pohon Ara di Israel. Salah satunya di samping sebuah gereja, ada pohon Ara yang usianya sekitar 2000 tahun dan masih berbuah.

Usia tua memang harus diakui berbeda dengan usia muda secara fisik.  Tetapi Anda yang sudah “tua”, Anda pernah muda. Anda punya pengalaman. Bagi mereka yang masih muda, mereka belum pernah tua dan belum tentu diijinkan Tuhan memasuki usia tua.  Usia menjadi relatif ketika kita bisa bekerja dengan fokus, memanfaatkan sumberdaya yang kita miliki, dan memaksimalkan kecepatan yang kita mampu.

Usia hanyalah angka yang tak bisa berkata-kata, yang begitu mudah terlupa ketika Anda menunjukkan karya demi karya.

Saya berdoa agar Anda sekarang berpikir dan yakin bahwa Anda masih sanggup bekerja dan berkarya untuk Tuhan!

Mazmur 92:12 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon;  92:13 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. 92:14 Pada masa tua pun mereka masih berbuah,  menjadi gemuk dan segar, 92:15 untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

 

Dr. Ronny Sucahyo

 

 

Leave a Reply